Tarif Kapal RO RO

Tarif Kapal RO RO – Kapal Ro-Ro singkatan dari Roll-on/Roll-off termasuk jenis kapal yang populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kapal Ro-Ro adalah kapal yang disebut zero subdivision karena memiliki ruang muat terbuka untuk kendaraan tanpa memiliki sekat dan bersifat kedap air.

Kehadiran Ro-Ro memudahkan para penumpang kapal yang ingin membawa kendaraan ketika melakukan penyeberangan.

Sejarah Kapal Roro di Dunia

Tahun 1833, sebuah perusahaan kapal dari Inggris memperkenalkan konsep kapal Ro-Ro, namun itu hanya untuk mengangkut kereta.

Dengan adanya kapal ini maka kereta dari stasiun dapat langsung meluncur ke lambung kapal dan tanpa menggunakan bantuan derek.

Ro-Ro pertama kali digunakan oleh Skotlandia (Inggris) tahun 1850 yaitu pada masa kesuksesan kereta api dengan tenaga uap. Kapal ini didesain memiliki rel pada deck kapalnya sehingga dapat digunakan sebagai pengangkut gerbong kereta. 

Promo Tarif Kapal RO RO Terbatas

Selama abad ke-19, penggunaan kapal ini hanya sebatas mengangkut kereta saja. Penggunaan kapal ini sebagai pengangkut kereta lebih efisien dari pada jenis kapal lain. Kapal ini berkembang hingga daerah Baltik sampai Mediterania. 

Ketika perang dunia II, militer menggunakan Ro-Ro sebagai pengangkut tank serta kendaraan tempur yang lain.

Kapal ini didesain seperti kapal pendarat atau landing craft tank (LCT) milik militer. Ro-Ro mempunyai volume yang sangat besar dan terdapat pintu di salah satu atau kedua ujungnya.

Tahun 1950-an, kapal ini merambah ke pelayaran umum atau Niaga (Cargo) yang sudah menyatu dengan berkembangnya moda untuk transportasi darat di antaranya mobil, bus, hingga truk. Sejak saat itu, konsep Ro-Ro berkembang untuk keperluan masyarakat luas hingga saat ini.

Jenis Kapal Roll-on/Roll-off

Terdapat beberapa jenis kapal Ro-Ro yang berlayar. Di antaranya yaitu Pure Car Carrier (PCC) dan Pure Car And Truck Carrier (PCTC).

Jenis PCC digunakan khusus untuk mengangkut mobil, namun untuk jenis PCTC juga digunakan untuk mengangkut truk dan kendaraan roda empat jenis lainnya.

Jenis lain dari Ro-Ro yaitu Container Vessel + Ro-Ro (ConRo) Ship. Sesuai namanya, kapal ini merupakan gabungan antara truk kontainer dan Ro-Ro.

Desain kapal ini mengacu pada kapal jenis hybrid. Kapal ini mempunyai daya angkut 20.000 hingga 50.000 DWT (deadweight tons).

General Cargo + Ro-Ro Ship atau disebut dengan GenRo merupakan jenis kapal kargo dengan fasilitas Ro-Ro yang memiliki daya angkut 2.000 hingga 30.000 DWT.

Kapal ini didesain sebagai sebuah kapal pengangkut yang normal dan dilengkapi dengan fasilitas Ro-Ro.

Jenis lain kapal Ro-Ro adalah RoPax yang tidak hanya digunakan sebagai pengangkut mobil, namun juga memberikan fasilitas untuk kehidupan para pelayar.

Tidak hanya menampung penumpang dan kendaraan saja, kapal RoPax ini juga menampung peti kemas.

Complete Ro-Ro Ship adalah jenis kapal yang tidak mempunyai palka atau Hatchways. Kapal ini sering digunakan ketika melakukan penyeberangan di laut lepas. Daya angkut kapal Complete Ro-Ro Ship ini tidak sebesar ConRi Ship, yaitu hanya 2.000 hingga 40.000 WDT.

Fungsi Kapal Roll-on/Roll-off

Fungsi utama kapal jenis Ro-Ro di pelabuhan penyeberangan yaitu untuk pengangkutan, baik untuk mengangkut penumpang dan beragam moda darat.

Kapal ini dirancang untuk membawa kargo beroda seperti sepeda motor, mobil, truk, semi-trailer truk, trailer atau mobil kereta api. 

Ro-Ro di Indonesia menjadi salah satu jenis moda angkutan sungai, danau, dan penyeberangan selat.

Tidak hanya dilengkapi dengan pintu naik turun yang terhubung dengan dermaga, kapal ini juga dilengkapi dengan fasilitas jalan khusus untuk penumpang.

Kapal ini sering disebut dengan kapal pengangkut mobil. Tidak hanya berfungsi untuk kebutuhan sipil saja, namun juga berfungsi untuk kebutuhan militer bagian angkatan laut yang digunakan sebagai alat angkutan untuk barang yang berasal dari laut maupun darat.

Ro-Ro sering terlihat di Pelabuhan Merak Banten dan Bakauheni Lampung. Ro-Ro menjadi kapal angkutan pilihan yang populer untuk penyeberangan antar-pulau seperti antara Jawa dengan Sumatra, antara Jawa dengan Madura, maupun antara Jawa dengan Bali.

Kantor pusat kami berada di Sidoarjo, Jawa Timur, saat ini kami melayani permintaan pengiriman via darat & laut dan wilayah kerja kami meliputi seluruh Indonesia. Untuk pengiriman kendaraan via darat kami menyediakan layanan Single Car Carrier, Car Carrier, Self Driver, Self Loader hingga Low Bed. Sedangkan untuk pengiriman kendaraan via laut kami menyediakan fasilitas Kapal Ro-Ro dan Container untuk menjangkau seluruh pulau di Indonesia. Kami juga menyediakan opsi door to door dan port to port untuk jasa yang kami tawarkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.