Jasa Kirim Alat Berat Seperti : Bulldozer, Excavator (Bego / backhoe), Wheel Loader, Crane, Scraper, Grader, Wales Stump, Roller dll. Kehadiran jasa kirim alat berat memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan bisnis terutama dalam sektor pembangunan. Sebagai perusahaan penyedia jasa pengiriman Alat berat, Segara Artha Karya Autotrans adalah solusi tepat bagi Anda yang memerlukan jasa pengiriman alat berat. Sebagai perusahaan ekspedisi alat berat, kami menyediakan layanan pengiriman alat berat ke seluruh Indonesia.

Banyak perusahaan yang mencari jasa pengiriman alat berat antar pulau, mengingat untuk memindahkan bukanlah hal yang mudah. Terlebih bagi perusahaan yang hendak membuka atau menjalankan proyek di pulau lain.

Banyak yang menawarkan pengiriman alat berat, namun perlu diketahui bahwa tidak semua jasa pengiriman alat berat itu baik dan tepercaya. Segara Artha Karya Autotrans hadir dengan memberikan layanan jasa pengiriman alat berat dengan jaringan luas di Indonesia dan dengan layanan profesional.

Jasa Kirim Alat Berat

Jasa Kirim Alat Berat Terpercaya

Segara Artha Karya Autotrans adalah perusahaan ekspedisi di Jakarta yang menyediakan jasa kirim excavator, bulldozer, crane dan segala macam alat berat ke seluruh kota di Indonesia bahkan hingga daerah-daerah terpencil. 

Untuk ekspedisi alat berat ini Segara Artha Karya Autotrans didukung oleh moda transportasi lengkap baik via darat maupun laut. Selain armada lengkap dan biaya murah kami juga menawarkan asuransi sebagai bentuk jaminan keselamatan barang. Untuk pengiriman alat berat bisa menggunakan berbagai armada. Jika alat berat dengan kapasitas kecil seperti traktor, excavator kecil, drum roller bisa menggunakan towing atau CDD. Untuk ukuran yang lebih besar biasanya menggunakan armada self loader dan khusus antar pulau bisa menggunakan kapal roro, LCT, dan container.

Jenis-Jenis dan Fungsi Alat Berat

Sebelum membahas jasa pengiriman alat berat lebih lanjut, penting kita ketahui terlebih dulu jenis-jenis alat berat dan fungsinya. 

1.    Bulldozer 

Kegunaan alat ini yaitu untuk membantu mengolah lahan. Secara spesifik fungsinya sebagai alat mendorong material tanah maupun hasil galian. Sistem kerjanya bisa mendorong ke arah depan, samping, juga bisa membuat tumpukan atau timbunan material.  

Saat ini cukup banyak varian Bulldozer baik jenis dan teknik penggunaannya. Ada jenis Swamp Bulldozer untuk pengerjaan rawa-rawa. Ada juga jenis Crawler Tractor yaitu jenis Bulldozer menggunakan roda kelabang atau jenis Wheel Tractor Dozer dengan ciri khas roda karet. 

2.    Excavator (Bego / backhoe)

Di kalangan awam excavator lebih populer dengan sebutan bego atau backhoe . Para pengguna jasa ekspedisi alat berat sudah pasti tidak asing dengan alat yang satu ini. 

Umumnya Excavator digunakan untuk penggalian atau pengerukan tanah juga memindahkan material (tanah, pasir, batu, dll) ke dalam truk muatan. Karena fungsinya yang beragam alat ini paling sering digunakan untuk pengerjaan proyek. 

Selain untuk menggali tanah dan memindahkan material, Excavator juga digunakan untuk pengerukan sungai dan penancapan batang pondasi pada konstruksi bangunan. 

3.    Wheel Loader

Secara fungsi Wheel Loader tak jauh beda dengan Bulldozer yaitu memindahkan material dari satu tempat ke tempat lain atau ke alat lain. 

Seperti namanya, cara kerja Wheel Loader dengan melakukan loader (menggali). Setelah digali kemudian komponen bucket didorong ke arah material. Jika bucket ini penuh traktor akan mundur kemudian bucket diangkat lalu material didalamnya dipindahkan. 

Wheel Loader juga sering digunakan untuk membersihkan lokasi pekerjaan, meratakan timbunan tanah, menggusur tanah (jarak dekat), meratakan dan menghaluskan permukaan bagian bidang rata dan lain-lain. 

4.    Crane

Crane adalah alat berat yang biasa digunakan untuk pengerjaan proyek pembangunan gedung. Fungsi Crane atau juga disebut Derek jangkung ini untuk mengangkut ataupun memindahkan material dari bawah ke atas dan sebaliknya. 

Pada pengerjaan gedung atau bangunan dengan permukaan tinggi semua material yang sulit dipindahkan oleh manusia maka akan diderek dengan alat berat ini. Dalam pengoperasiannya Crane dapat bergerak mekanis baik secara vertikal maupun horizontal. 

Saat ini ada beberapa jenis Crane yang populer di pasaran seperti: Tower Crane, Overhead Crane, Mobile Crane (Truck Crane), Hydraulic Crane, juga Crawler Crane dan masih banyak lagi. 

5.    Scraper

Disebut juga Motor Scraper, alat berat yang satu ini selain berfungsi untuk menggali tanah (biasanya tanah diantara bangunan beton) juga digunakan untuk memotong lereng tanggul / bendungan. Kadang Scraper juga digunakan untuk meratakan proyek pelebaran jalan raya.  

Scraper tidak mampu menggali tanah terlalu dalam karena fungsi utamanya untuk meratakan tanah sekitar 2,5 mm. Alat ini juga mampu membuat timbunan hingga ketebalan 2,5 mm. 

6.    Grader

Alat berat ini disebut juga Motor Grader dengan ciri khas pisau panjang dibagian depan. Fungsinya sendiri untuk meratakan permukaan tanah atau bidang rata secara mekanis.

Grader juga biasa digunakan untuk menggusur tanah, meratakan tanggul, mencampur tanah juga menguruk galian tanah dan beberapa kemampuan lainnya. 

Dalam pengoperasiannya Grader lebih sering digunakan untuk finishing atau tahap akhir. Misalnya untuk konstruksi maupun pemeliharaan jalan berkerikil. Alat ini juga berfungsi untuk membuat landasan dasar sewaktu membuat proyek jalan raya sebelum dilakukan pengaspalan. 

7.    Wales Stump

Vibro Roller adalah nama lain dari Wales Stump. Di Indonesia lebih populer dengan sebutan stum, mesin penggulung, atau ada yang menyebutnya mesin galindong. 

Wales Stump didesain khusus untuk memadatkan jalan, permukaan jalan berbatu, atau jalan aspal. Dengan kata lain proyek pembangunan jalan raya hampir pasti melibatkan alat berat ini.  

Ukuran Wales Stump cukup beragam mulai dari ukuran kecil, medium, hingga besar. Dengan demikian alat ini dapat dioperasikan di berbagai lahan mulai lahan ukuran kecil hingga besar. 

8.    Roller

Nama lengkapnya Pneumatic Tire Roller namun lebih akrab disebut Roller. Jenis alat berat ini digunakan pada proses pekerjaan yang dapat menghasilkan bahan granular. Kadang Roller juga dipakai untuk menggilas lapisan hot mix dan juga untuk memadatkan tanah. 

Ada beberapa jenis Roller yang paling banyak digunakan yaitu:

  • Roller yang dioperasikan berdasarkan cara geraknya. Roller yang bergerak sendiri atau ditarik traktor. 
  • Roller yang dioperasikan menurut roda penggilasnya. Ada roda Roller yang terbuat dari karet (pneumatic) ada juga dari bahan baja (steel wheel). 
  • Roller yang dioperasikan menurut bentuk permukaan roda. Ada Roller dengan roda berbentuk grid, bersegmen, berbentuk kaki domba dan yang memiliki permukaan halus (plain). 
  • Roller khusus untuk alat pemadat yang bekerja menggunakan mesin penggetar (vibrator).

Kami menawarkan berbagai kemudahan bagi Anda yang ingin mengirimkan alat berat ke luar kota, luar provinsi, bahkan ke luar Pulau. Berbagai alat berat seperti Tower, Mobil, Truk, Buldozer, BTS, Genset, Antena atau Pipa yanga bisa diangkut dengan mudah menggunakan truk atau kapal laut. Kami merupakan perusahaan jasa ekspedisi yang senantiasa rutin dalam melakukan berbagai jenis pengiriman alat berat menuju ke berbagai daerah di seluruh di Indonesia. Alat berat biasanya lebih sering digunakan oleh berbagai bidang pertambangan, perkebunan, perminyakan, atau kehutanan yang kami kirim menggunakan jalur laut atau darat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *